LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT SERTIFIKAT DI MICROSOFT PUBLISHER 2010 DENGAN MAIL MERGE DARI MICROSOFT EXCEL 2010

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu kita harus membuka Microsoft excel 2010 terlebih dahulu. Klik Start > pilih All program > pilih Microsoft Excel 2010.



2. Langkah kedua yaitu kita harus membuat tabel dengan rincian No. Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat dan Keterangan (disesuaikan dengan kebutuhan). Dan buat pula nilai ketentuan maksimal yang harus dicapai.



3. Langkah ketiga yaitu kita harus membuat fungsi IF untuk kolom Predikat dan Keterangan. Untuk kolom predikat kita harus mengetik =IF(D3<=70,"Kurang","Baik").



Lalu tekan enter, maka akan berubah menjadi seperti berikut :



Lalu tarik kebawah maka hasil tampilan akan menjadi seperti ini :



4. Langkah keempat yaitu kita harus mengerjakan kolom Keterangan. Hampir sama dengan langkah sebelumnya, dalam mengisi kolom keterangan kita harus menggunakan fungsi IF. Dengan cara tekan =IF(D3<=70,"Mengulang","Lulus")



Maka akan menghasilkan seperti gambar di bawah ini :



Lalu tarik kebawah hingga seperti gambar berikut :



5. Langkah kelima yaitu kita harus menyimpan file Microsoft excel 2010 kita pada  computer. Dengan cara klik File > pilih Save as > lalu lipih tempat untuk menyimpan (biasanya di data D), lalu tulis Nama-dan klik Save.



File tersebut maka akan tersimpan seperti pada gambar berikut ini :



Apabila file telah tersimpan, maka biarkan file tetap terbuka dan jangan di close.

6. Langkah keenam yaitu langkah awal kita dalam membuka Microsoft Publisher 2010. Dengan cara klik Start > pilih All program > pilih Microsoft Publisher 2010.



Microsoft publisher 2010 akan terbuka seperti gambar di bawah ini :



7. Langkah ke tujuh maka kita harus memilih templates sesuai kebutuhan. Dan kali ini saya akan membuat sertifikat, maka kita harus memilih seperti gambar berikut :



Lalu akan muncul banyak pilihan tema seperti dibawah ini :



8. Langkah kedelapan yaitu kita harus memilih tema sesuai dengan kebutuhan dan pilih Create untuk membuka lembaran baru, seperti tampak pada contoh gambar seperti dibawah ini :



9. Langkah kesembilan yaitu kita harus mengisi sertifikat sesuai dengan kebutuhan seperti yang anda tulis pada Microsoft excel yang telah dibuat sebelumnya. Dengan  rincian  No. Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat dan Keterangan (disesuaikan dengan kebutuhan).



Setelah kita tulis No. Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat dan Keterangan (disesuaikan dengan kebutuhan), maka hasilnya dapat kita lihat seperti pada gambar di bawah ini :



Setelah itu maka sertifikat akan menjadi sebagai berikut :

10. Langkah kesepuluh yaitu kita harus meletakkan pointer dimulai dari No. Sertifikat dll. Yang telah ditentukan tadi sebelumnya. Lalu kita harus memilih Mailings pada menu bar > lalu pilih Select recipients > lalu pilih Use an existing list



Setelah itu akan muncul pilihan seperti dibawah ini :



Setelah itu kita harus memilih lokasi file Microsoft Excel kita yang telah dahulu kita buat dan kita simpan. Lalu klik open.



Maka akan muncul pilihan seperti di bawah ini. Kita harus memilih sheet berapa saat tadi kita membuat daftar nama pada Microsoft Excel lalu klik ok untuk memilih sheet, dan apabila muncul tabel selanjutnya maka klik ok lagi.





11. Langkah kesebelas yaitu tahapan dimana kita harus untuk mengisi No. Sertifikat dll. Pada Mailings > Insert Merge Field > lalu isi berdasarkan urutannya.






12. Langkah keduabelas yaitu kita harus melihat hasilnya dengan memilih menu Mailings > Priview Results > lalu klik next sampai pada nama orang terakhir.



Dan hasilnya akan muncul seperti sebagai berikut :







1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan sopan