TUGAS MATA KULIAH MANAJEMEN PERKANTORAN “FENOMENA CO – WORKING SPACE”


1. PENGERTIAN CO – WORKING SPACE

Apa itu Coworking?

     Coworking adalah sebuah jaringan antar berbagai ruang kerja (workspace) di seluruh dunia, sebuah tempat bersuasana cafe dimana berbagai komunitas pekerja-berorientasi-hasil (ROW, result-oriented-worker, sebagai kebalikan dari  pekerja time-oriented-worker  seperti pekerja pabrik yang kinerjanya diukur dari kepatuhannya terhadap jam kerja tradisional)  seperti pengembang software, arsitek, seniman, pengajar, wartawan, bahkan mahasiswa bekerja dan berkolaborasi.

       Inti coworking adalah kerjasama dan komunitas, bukan sekedar ruang bekerja yang hip (‘gaya’).  Saat ini ribuan orang di seluruh dunia bekerjasama mempopulerkan coworking,  suatu  pola kerja baru yang (diramalkan) akan merubah etos  kerja 9-to-5 bahkan wajah kota-kota di seluruh dunia selamanya. Bayangkan jika anda tidak perlu lagi melakukan daily commuting yang melelahkan; cukup bersepeda ke coworking space terdekat dan anda pun bisa bekerja seperti halnya di kantor anda. Ini bukan mimpi. Media internasional seperti Reuter,  Business Week, CNN dan New York Times sejak dua tahun lalu telah meramalkan bahwa coworking adalah trend masa depan. Anda tentu tidak ingin ketinggalan, bukan? .

2. PERKEMBANGAN START – UP COMPANY DI INDONESIA

Apa itu Startup? 


        Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. 

Perkembangan Dunia Startup di Indonesia


         Perkembangan Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

        Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

        Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu Startup pencipta game, Startup aplikasi edukasi serta Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

        Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangannya di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Namun untuk yang berbau informasi atau berita berbagai tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

3. CO – WORKING SPACE DI INDONESIA


         Dunia startup Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan positif. Banyak inkubator dan co-working space yang muncul di berbagai tempat di kota besar, dan semuanya bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan startup. Beberapa tempat disediakan secara gratis dan beberapa lagi berbayar. Jika Anda mencari tempat yang bagus untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, belajar, dan mengembangkan startup Anda di Indonesia, berikut adalah 14 co-working space yang bisa jadi pilihan Anda:

1. Bandung Digital Valley | Bandung
2. CodeMargonda | Depok
3. COMMA | Jakarta
4. Ciputra GEPI Incubator | Jakarta
5. Freeware | Jakarta
6. HackerSpaceBDG | Bandung
7. HackerSpaceYK | Yogyakarta
8. Jogja Digital Valley | Yogyakarta
9. Hubud | Bali
10. Pusat Kreatif Bandung | Bandung
11. Lineup Hub | Bali
12. Startup Getaway | Bali
13. The Sanur Space | Bali
14. WAVE Bali | Bali

4. CO – WORKING SPACE 

Nama dari CO – WORKING Space pilihan saya adalah “VIRTO SMART OFFICE SURABAYA” 



5. ULASAN PROFIL “VIRTO SMART OFFICE SURABAYA”



         Alasan saya mengapa memilih Virto Smart Office Surabaya karena tidak seperti teman – teman lainnya yang memilih di lain tempat, saya memilih lokasi Surabaya karena saya bangga menjadi Warga Surabaya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Virto Smart Office Surabaya merupakan salah satu dari co – working space di Surabaya yang terletak di Alamat : Di Graha Virto, Ruko Galaxi Bumi Permai Blok J1 / 23A, Jalan raya sukosemolo, Surabaya (daerah dekat Semolowaru, dekat MERR). Telp : 031-5967623, SMS / Whatsapp : 0813 3361 1039, PIN BB : 26EEFC2B , email ke : Info@SewaKantorSurabaya.com  , Jam Operasional Kantor : Senin-Jumat : 08.00 - 17.30 wib, Sabtu : 08.00 - 15.00 wib, Hari Minggu/Libur : Tutup. Yang menyediakan layanan berupa sewa ruang kantor modern – hemat biaya dan layanan virtual office di kawasan hunian komunitas bisnis yang prestise di Surabaya, serta fasilitas Coworking Space Surabaya, khususnya Surabaya Timur. Prioritas utama layanan usaha kami adalah menjamin tersedianya fasilitas pendukung kegiatan usaha atau bisnis dengan standar profesional yang optimal bagi anda.

          Sewa Kantor Surabaya merupakan layanan dari Virto Office yang memberikan layanan sewa kantor, sewa kantor virtual (virtual office), sewa meeting room dan coworking space yang berlokasi di Surabaya, Indonesia. Berikut ini adalah beberapa ruangan yang telah disediakan untuk disewakan kepada para entrepreneurship yang ingin menyewa ruangan – ruangan yang disediakan yang ada di wilayah kota Surabaya bagian timur ini :


        Ruang kantor, meeting room dan coworking space yang nyaman dan profesional kami sediakan di dalam lingkungan yang sempurna untuk meningkatkan produktivitas usaha anda. Dengan desain estetika yang tepat guna, dilengkapi fasilitas pendukung dan ruang kantor yang memaksimalkan fungsi, akan memberikan nilai tambah bagi kenyamanan anda dan klien anda.


        Staff juga telah menyediakan dukungan profesional untuk kebutuhan perkantoran anda. Kami menyediakan layanan berdasarkan prioritas kebutuhan perusahaan anda, dengan menghadirkan solusi yang efektif dari segi biaya, sehingga andapun dapat menjaga serta menjalankan bisnis dengan lebih kompetitif.

Berikut adalah fasilitas pendukung dari Virto Office | Layanan Sewa Kantor, Sewa Kantor Virtual Office dan Coworking Space di Surabaya :

1. Lokasi strategis dekat dengan Lingkar Timur Surabaya
2. Hanya 30 menit dari Bandara Internasional Juanda
3. Dekat dengan pusat perniaagaan di Surabaya Timur
4. Layanan Resepsionis modern
5. Tersedia ruang-ruang kantor profesional berbagai ukuran sesuai kebutuhan anda
6. Tersedia fasilitas Wireless Printer, Fotocopy, Fax dan Scan
7. Tersedia fasilitas Wireless-Internet Up to 16 Mbps di semua area Virto Smart Office
8. Tersedia furniture yang dapat disewa sesuai kebutuhan
9. Ruang kantor dan ruang meeting yang nyaman dan profesional
10. Area Musholla yang bersih dan representatif
11. Area Virto Corner yang menyediakan teh, kopi, minuman dingin dan snacks
12. Area Parkir luas dan gratis
13. Air minum gratis
14. Tersedia area kerja lesehan, mini library dan games corner untuk yg pengen santai sejenak
15. Tersedia Musholla, Toilet dan Smooking Area
16. Terbaru : Fasilitas Coworking Space Surabaya, hanya 25 ribu per hari untuk 1 orang 

6. KOMENTAR 

          Sesuai dengan mata kuliah Manajemen Perkantoran pada buku pedoman  untuk dasar teori yang di dukung dalam buku karya The Liang Gie tahun 2007 yang berjudul Administrasi Perkantoran Modern Edisi Keempat (Dengan Tambahan), Kota Yogyakarta Penerbit : Liberty, Bab IX TATARUANG PERKANTORAN (OFFICE LAYOUT) Halaman 186 – 220 berikut ini akan saya kaitkan antara Bab IX tentang Tata Ruang Perkantoran dengan gambar tata ruang pada foto – foto yang ada pada CO – WORKING Virto di atas. 

         Dikarenakan banyaknya ruangan yang disediakan, maka saya akan memilih salah satu ruang dan akan saya analisis. 


Ulasan :

        Pada gambar di atas, menurut pendapat saya Perancangan Tata Ruang terbuka yang telah mencakup asas – asas di dalamnya seperti asas jarak terpendek, asas rangkaian kerja, asas penggunaan segenap ruang, serta asas perubahan susunan kerja. Karena semua asas apabila saya jelaskan secara ringkas maka dalam jenis ruangan terbuka memudahkan para pegawai untuk melakukan suatu komunikasi yang intensif tanpa adanya penghalang berupa sekat maupun lainnya. Dengan penempatan posisi yang jarak terpendek yaitu peletakkan posisi duduk yang berdekatan memudahkan untuk menyelesaikan rangkaian kerja yang efektif tanpa harus mondar – mandir berjalan di ruangan. Serta perubahan posisi tempat duduk dan meja mudah untuk di ubah sesuai kebutuhan dengan pemenuhan segenap ruang namun tetap ada akses berjalan yang cukup sehingga tidak terlihat sempit dan berdesakan.

      Untuk Penyusunan Perabot menurut saya sudah tepat dan sesuai sehingga susunan perabot telah terlihat rapi dan bersih serta terlihat menarik untuk sebuah tempat bekerja. Karena penyusunan tempat duduk memanjang untuk menhemat ruangan sangat tepat agar tidak berdesakan dan sempit sehingga akses untuk menjangkau seluruh ruangan bisa dilalui. Begitu juga dengan peletakkan Screen untuk LCD Proyektor yang diletakkan di depan sangat tepat dan sesuai sehingga bisa dilihat oleh seluruh pegawai dalam ruangan. Dan di pinggir – pinggir ruang disusun peralatan dan rak – rak kecil sepanjang ruang yang mungkin dibutuhkan oleh orang yang ada didalamnya. 

       Selain itu, terdapat Persyaratan Lingkungan Fisik yang telah dipenuhi dan ada dalam ruangan tersebut. Seperti :

1. Penerangan Cahaya

Dalam ruangan tersebut menggunakan sumber cahaya / penerangan tidak langsung, karena ruangan ada di dalam bangunan sehingga menggunakan beberapa lampu untuk menerangi ruangan tersebut.

2. Kebersihan

Kebersihan ruangan tersebut menurut saya sudah sangat bersih karena tidak terdapat sedikitpun sampah yang berserakan di lantai maupun lainnya.

3. Luas Ruang Kantor

Kantor di ruangan tersebut memiliki luas yang pas dan sesuai sehingga tidak terlalu besar maupun terlihat sempit.

4. Suhu Udara 

Suhu dalam ruangan tersebut tentunya dingin dan pas yang menjadikan suhu untuj pegawai menjadi sejuk dan nyaman dalam melakukan setiap aktifitas.

5. Fasilitas Kesehatan 

Fasilitas kesehatan dalam ruangan ini seperti P3K tidak ada, namun seharusnya untuk kedepannya lebih baik disediakan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

6. Air Minum dan Fasilitas Cuci

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari http://coworkingspacesurabaya.blogspot.com/ dan informasi yang ada di atas dapat saya ketahui dan simpulkan bahwasannya fasilitas air minum, fasilitas musholla, fasilitas toilet telah disediakan untuk melengkapi fasilitas yang ada dalam Virto Smart Office tersebut.

7. Alat Pemadam Kebakaran

Menurut data – data yang saya observasi, alat pemadam kebakaran belum tercantum kedalam fasilitas yang ada dalam Virto Smart Office tersebut.

8. Warna

Untuk warna, menurut saya tidak hanya pada tiap ruangan saja melainkan seluruh gedung dan bangunan menggunakan warna tepat dan pas yang tidak menyilaukan dan mengganggu dalam penyelesaian kegiatan di ruangan tersebut. Karena warna yang digunakan yaitu warna kuning kecoklatan / krem warna lembut di mata. 

9. Suara 

Dalam analisis mengenai suara, menurut saya dalam ruangan ini yang sama sekali tidak disediakan sekat baik sekat kayu atau lainnya sehingga menjadikan setiap orang yang bersebelahan agar mudah bising dan terganggu apabila orang di sebelahnya bersuara keras atau melakukan sesuatu yang menyebabkan kegaduhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan