1. Pertama
Langkah awal yaitu kita harus membuka Microsoft Publisher 2013 terlebih dahulu. Dengan cara Klik Start => pilih All Program => pilih Microsoft Office => lalu pilih Microsoft Publisher 2013. Berikut ini adalah contohnya.
Setelah itu maka Microsoft Publisher 2013 akan terbuka seperti gambar di bawah ini :
2. Kedua
Langkah kedua yaitu apabila Microsoft Publisher 2013 telah terbuka seperti gambar di atas, maka kita harus memilih dan klik bentuk brosur dengan nama “Brochures”. Maka akan muncul banyak sekali pilihan tema brosur yang dapat dipilih.
3. Ketiga
Langkah ketiga yaitu kita harus memilih salah satu tema brosur yang kita inginkan dan yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Apabila telah memilih tema, maka kita harus mengklik “CREATE” agar dapat membuka halaman brosur yang baru.
4. Keempat
Langkah keempat yaitu apabila halaman brosur yang baru telah terbuka seperti gambar di bawah ini, brosur terdiri dari 2 bagian yaitu bagian depan dan bagian belakang brosur. Maka kita harus mengedit halaman depan terlebih dahulu dengan memberi nama pada kolom Judul yang ada pada gambar di bawah ini.
Setelah kita memberi nama Sekolah / Perusahaan / Instansi yang kita pilih, maka hasilnya akan seperti contoh berikut.
Maka hasilnya akan seperti di bawah ini :
5. Kelima
Langkah kelima yaitu langkah dimana kita harus membuat isian tentang rincian – rincian data apa saja yang hendak kita cantumkan pada brosur kita nanti.
a. Pertama – tama saya menyisipkan logo Sekolah yang saya tentukan. Dengan cara mengambil file gambar dari laptop.
b. Lalu isi bawah logo dengan menyisipkan alamat sekolah yang dikehendaki.
c. Lalu isi Jurusan apa saja yang ada di sekolah tersebut.
d. Lalu ganti gambar yang sesuai dengan tema yang dipilih.
e. Lalu isi juga bagian bawahnya dengan menyisipkan e-mail organisasi tersebut.
f. Lalu isi bagian tengah dengan memasukkan foto Kepala Sekolah (pimpinan organisasi) atau lainnya. Lalu tekan insert untuk menyisipkan.
g. Berikutnya yaitu isi bagian kiri dengan rencana dan harapan dari pimpinan organisasi.
6. Keenam
Langkah keenam atau tambahan yaitu kita bisa menghias brosur kita dengan menyisipkan sedikit pernak pernik agar terlihat semakin menarik. Yaitu dengan cara pilih Menu Insert => lalu pilih Borders & Accents dan pilih sesuai selera.
Berikut ini adalah halaman brosur bagian depan yang telah jadi sempurna dan siap untuk di cetak.
7. Ketujuh
Langkah ketujuh yaitu kita harus mengedit bagian belakang dari brosur yang kita buat.
6. Keenam
Langkah keenam atau tambahan yaitu kita bisa menghias brosur kita dengan menyisipkan sedikit pernak pernik agar terlihat semakin menarik. Yaitu dengan cara pilih Menu Insert => lalu pilih Borders & Accents dan pilih sesuai selera.
Berikut ini adalah halaman brosur bagian depan yang telah jadi sempurna dan siap untuk di cetak.
7. Ketujuh
Langkah ketujuh yaitu kita harus mengedit bagian belakang dari brosur yang kita buat.
a. Kita harus mengisi bagian kiri dengan rincian Visi dan Misi maklumat pelayanan dari sekolah.
b. Kita harus memasukkan Motto beserta kebijakan lainnya.
c. Langkah selanjutnya yaitu kita harus mengedit bagian kanan brosur dengan memasukkan program studi apa saja yang ada di sekolah tersebut.
d. Kita bisa juga memberi sedikit sentuhan pada bagian belakang dengan cara memberi dan menyisipkan sedikit hiasan. Ini adalah pilihan borders yang dapat menjadi pilihan di Menu Insert.
e. Dan ini adalah hasil akhir dari bagian belakang sampul brosur kita.
8. Berikut ini adalah perbandingan hasil akhir antara bagian depan dengan bagian belakang brosur yang telah kita buat.
Bagian Depan
Bagian Belakang
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan sopan